Menciptakan Presentasi Multimedia yang Menarik
  Hampir setiap saat kita dihadapkan dengan presentasi. Umumnya, banyak dari kita yang berpresentasi menggunakan aplikasi slide seperti Microsoft Power Point atau Open Office Presentation. Tentunya, kesederhanaan aplikasi slide  ini memberikan batasan untuk bisa menampilkan presentasi visual yang  menarik. Oleh karena itu, kadang aplikasi multimedia seperti Macromedia Flash bisa banyak membantu. 
Seperti layaknya sebuah cerita, presentasi multimedia pun perlu diawali dengan intro yang menarik dan sesuai dengan tema materi yang disampaikan. Sebagai contoh, presentasi multimedia Pepsodent Nightbrushing buatan SmartShell, bercerita tentang program dan strategi Pepsodent yang mengajak konsumennya untuk menggosok gigi setiap malam. Ancaman kuman malam menjadi prolog presentasi multimedia. Diceritakan dalam intro, seorang anak yang tidur di malam hari tidak bebas dari ancaman kuman mulut. Kuman-kuman tetap beraksi meski anak itu tidur. Untuk itulah, dirasakan penting untuk menggosok gigi sebelum tidur. Penggunaan musik dan efek suara juga sangat membantu membangun suasana presentasi. Kalau awalnya saja tidak menarik, mana mungkin penonton tertarik untuk melihat materi presentasi tersebut lebih lanjut.
Selanjutnya,  pembagian konten presentasi. Penahapan yang tepat dan urutan presentasi  perlu diperhatikan. Visual, musik, dan efek suara yang relevan dengan  materi presentasi akan menjaga penonton untuk terus tertarik  memperhatikan. Bila materi yang disampaikan penuh dengan teks, atur jeda  dengan menyisipkan ilustrasi, foto, video, atau aplikasi lain, di  antaranya. Tujuannya, untuk meringankan beban mata penonton yang  cenderung lelah bila dihadapkan teks terus menerus. 
Akhiri presentasi dengan kesimpulan yang mengarahkan penonton akan pesan yang ingin kita sampaikan. Bila perlu, lengkapi dengan video atau animasi penutup yang memvisualkan berbagai kemungkinan implementasi materi yang kita sampaikan.
Seperti layaknya sebuah cerita, presentasi multimedia pun perlu diawali dengan intro yang menarik dan sesuai dengan tema materi yang disampaikan. Sebagai contoh, presentasi multimedia Pepsodent Nightbrushing buatan SmartShell, bercerita tentang program dan strategi Pepsodent yang mengajak konsumennya untuk menggosok gigi setiap malam. Ancaman kuman malam menjadi prolog presentasi multimedia. Diceritakan dalam intro, seorang anak yang tidur di malam hari tidak bebas dari ancaman kuman mulut. Kuman-kuman tetap beraksi meski anak itu tidur. Untuk itulah, dirasakan penting untuk menggosok gigi sebelum tidur. Penggunaan musik dan efek suara juga sangat membantu membangun suasana presentasi. Kalau awalnya saja tidak menarik, mana mungkin penonton tertarik untuk melihat materi presentasi tersebut lebih lanjut.

Akhiri presentasi dengan kesimpulan yang mengarahkan penonton akan pesan yang ingin kita sampaikan. Bila perlu, lengkapi dengan video atau animasi penutup yang memvisualkan berbagai kemungkinan implementasi materi yang kita sampaikan.
sumber : http://media-ide.bajingloncat.com/2006/05/08/ menciptakan-presentasi-multimedia-yang-menarik/
   | Hotlinks:   DiggIt! Del.icio.us  
Wednesday, April 2, 2008
Tips dan Trik Membuat Multimedia Pembelajaran
oleh : Uwes Chaeruman
Berdasarkan pengalaman menjadi juri Lomba Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT, saya menemukan beberapa kelamahan dilihat dari sisi desain pembelajaran yang sering terjadi dalam membuat multimedia pembelajaran. Dalam kesempatan ini, saya ingin membagi tips dan trik membuat multimedia pembelajaran yang menarik. Dilihat dari aspek desain pembelajaran tentunya.
Tulisan ini dikhususkan untuk para peserta lomba memang. Tapi, tulisan ini sebenarnya dapat pula digunakan untuk siapa saja yang tertarik dalam pengembangan media apapun baik cetak maupun non cetak.
Tips #1: Optimalkan Komponen Pemicu (Triger)
Apa yang dimaksud dengan komponen pemicu (triger)? Yang dimaksud dengan komponen pemicu dalam multimedia pembelajaran meliputi judul, tujuan pembelajaran dan appersepsi yang menarik dan menantang.
Trik #1: Sulap Judul menjadi Lebih Menarik dan Menantang
Judul, merupakan titik awal sebagai penarik perhatian pengguna. Tapi, banyak pembuat multimedia pembelajaran yang kurang memperhatikan hal ini. Sering dijumpai, judul dinyatakan dengan kalimat yang kaku. Padahal, judul dapat dirumuskan dalam kalimat yang lebih menantang dan menarik. Coba bandingkan contoh rumusan judul berikut ini!
* Daripada kita menggunakan judul “TATA SURYA”, akan lebih menarik jika kita rubah menjadi “SEPERTI APAKAH KEADAAN DI LUAR ANGKASA?”;
* Daripada kita menggunakan judul “BIAYA, PENERIMAAN DAN RUGI/LABA”, tentu akan lebih menarik jika kita sulap menjadi “CARA MUDAH MENGHITUNG RUGI LABA”; atau
* Daripada kita menggunakan judul “INTEGRAL”, akan lebih menarik jika diganti dengan “MENGHITUNG LUAS BENTU-BENTUK TIDAK BERATURAN”.
Trik #2: Modifikasi Tujuan Pembelajaran
Beberapa kelemahan yang sering saya temui dari peserta lomba pembuatan multimedia pembelajaran adalah (a) tidak adanya tujuan pembelajaran; dan (b) walaupun ada, tidak dinyatakan dengan redaksi yang jelas, realistis, dapat diukur dan menantang/menarik perhatian pengguna. Mengapa? Karena pengembang selalu terpaku pada rumusan kompetensi dasar atau indikator yang telah ada dalam kurikulum. Padahal, secara kreatif redaksi kompetensi dasar atau indikator dalam kurikulum dapat diperhalus dengan kalimat yang tidak hanya lebih jelas, realistis, dan dapat diukur, tapi juga menarik serta menantang.
Pengguna (user) perlu diberitahu manfaat ayang akan diperoleh dari multimedia pembelajaran. dePorter dkk, mengistilahkannya dengan istilah AMBAK (Apa Manfaatnya BAgi Ku?). Dengan rumusan tujuan yang jelas, siswa mengetahui manfaat dan arah yang jelas saat menggunakan media tersebut. Perlu diperhatikan bahwa media pembelajaran juga berkaitan dengan kerangka waktu. Dengan tujuan yang jelas, maka pencapaian tujuan dapat disesuaikan dengan kerangka waktu yang ada dan relevan dengan kebutuhan pengguna. Demikian pula dengan manfaat dari media pembelajaran harus memberikan peluang bagi pengguna untuk ‘merasakan’ kegunaan lain selain sebagai media pembelajaran pokok. Oleh karena itu kalimat-kalimat ajakan dan sapaan psikologis yang dapat memberikan ikatan emosional (engagement) bagi pengguna menjadi perlu, sehingga memunculkan interaktifitas yang tinggi dari multimedia tersebut. Coba bandingkan contoh rumusan tujuan pembelajaran berikut!
Setelah mempelajari media ini, siswa akan dapat menjelaskan terjadinya jantung koroner.
Dengan tidak mengurangi makna inti, rumusan tujuan pembelajaran tersebut dapat kita sulap sedikit menjadi:
Dalam waktu 15 menit, Anda (Kamu) akan mampu menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya jantung koroner dengan baik.
Trik #3: Berikan Appersepsi yang Kontekstual
dePorter dkk. dalam buku “Quantum Teaching” memfungsikan apersepsi untuk ‘membawa dunia mereka kedunia kita’. Yaitu, mengaitkan apa yang telah diketahui atau dialami pengguna dengan apa yang akan dipelajari dalam multimedia pembelajaran. Kontekstualitas dalam apersepsi menjadi penting, karena kita mencoba ‘menarik’ mereka ke dunia yang kita ciptakan dalam media, melalui hal-hal yang dianggap paling ‘akrab’ dengan pengguna. Disinilah diperlukan kalimat atau narasi penghubung dari ‘dua dunia’ yang mungkin berbeda. Dengan menyatukan kedua dunia ini, maka pengguna ‘merasa diajak’ berkomunikasi dengan media kita. Jika perlu gunakan, bahasa yang ‘menantang’ dan sedikit ‘memprovokasi’ dalam artian positif. Mari kita perhatikan contoh appersepsi berikut: Selamat datang dalam software pembelajaran fisika. Dalam software pembelajaran ini, kamu akan mempelajari tentang impuls, momentum dst…..
(Catatan: contoh kalimat atau narasi seperti ini biasanya muncul sebagai kalimat pembuka)
Tentunya akan lebih baik jika dibuat lebih kontekstual dengan materi yang akan dibahas dalam multimedia tersebut. Perhatikan contoh yang satu ini:
Anda tentu pernah bermain bola basket. Bagaimana bola basket dapat memantul dengan sempurna? Begitu pula halnya dengan bola volley atau bola sepak. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Topik ini akan membahas tuntas pertanyaan tersebut. … dst.
(Catatan: Appersepsi seperti ini bisa dalam bentuk teks atau divisualisasikan dalam bentuk narasi (audio), animasi plus narasi, atau bahkan video)
Tiga komponen pemicu ini, khususnya judul dan appersepsi, penting dioptimalkan. Apalagi jika multimedia yang Anda kembangkan adalah media berbasis web. Sebab kalau diawal saja tidak menarik, dalam hitungan detik, pengguna langsung kabur, bur, bur bur!
sumber : http://fakultasluarkampus.net/?p=4
   | Hotlinks:   DiggIt! Del.icio.us  
Monday, March 31, 2008
7 Langkah Mudah Membuat Multimedia Pembelajaran
  by Romi Satria Wahono        
Meskipun ada sedikit masalah di udara, alhamdulillah Seminar tentang Multimedia Pembelajaran di Udinus  berjalan lancar. Seminar ini cukup heboh karena jumlah total peserta  sekitar 1400 orang yang terbagi menjadi beberapa lokasi. 500-600  pendaftar pertama menempati kursi-kursi di Hall lantai 3 kampus Udinus,  sebagian peserta ada di gedung D, dan sebagian yang lain ada di kota  lain secara teleconference atau dengan media TV. Acara ini juga  disiarkan secara langsung oleh TVKU,  perusahaan TV lokal yang memiliki ijin siaran di wilayah Jawa Tengah.  Karena peserta 80% adalah guru SD, SMP dan SMA (dan yang sederajat) yang  datang karena ingin mendapatkan pengetahuan berhubungan dengan  pengembangan multimedia pembelajaran, saya membawakan topik materi agak  berbeda dari biasanya. 
Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard  itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain  besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup. Cara  membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun spreadsheet yang kita kuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi pembuat storyboard professional. Untuk storyboard sederhana, saya berikan contoh karya pak ismudji  dari SMA Bontang, Kaltim (ismudji-storyboard.pdf).  Sedangkan yang agak kompleks, bisa dilihat dari yang dibuat teman-teman  di Brainmatics dan IlmuKomputer.Com untuk konten Rekayasa Perangkat  Lunak (rpl-storyboard.pdf)
Jangan menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan Openoffice Impress atau Microsoft PowerPoint  anda. Mulai buat slide pertama, isikan bahan ajar yang ingin anda  multimedia-kan. Terus masukkan bahan ajar anda di slide slide  berikutnya, mulai mainkan image, link dengan gambar, suara dan video  yang bisa kita peroleh dengan gampang di Internet. Bisa juga  memanfaatkan situs howstuffworks.com untuk mencari ide 
  Jangan lupa juga bahwa banyak pemenang-pemenang lomba pengembangan multimedia pembelajaran yang hanya bermodal Openoffice Impress atau PowerPoint  sudah cukup membuat karya yang berkualitas tinggi. Gambar disamping  saya ambil dari karya pak Teopilus Malatuni, guru SMAN 1 Kaimana Papua  Barat yang dibuat dengan tool sederhana, bisa mendapatkan skor signifikan di lomba dikmenum tahun 2007.  Kuncinya adalah tekun, sabar dan pantang menyerah. Tidak ada ilmu  pengetahuan yang bisa didapat secara instan, semua melewati proses  panjang.
Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).  Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk  membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara  default. Apabila masih kurang puas:
Saya  berikan contoh bagaimana pak Joko Triyono, guru kesenian dari SMA  prembun berdjoeang sampai akhirnya menikmati banyak penghargaan di  berbagai event. Saya ingat benar karya pertama beliau tahun 2005  berformat HTML, masih polos sekali, bahkan beberapa halaman error karena  salah link. Kemudian beliau belajar dari awal menggunakan software  presentasi dan akhirnya tahun 2007 beliau berhasil menghasilkan produk  yang sudah siap jual dalam tema Musik Gamelan. Beliau rekam  satu persatu puluhan peralatan gamelan jawa, dan dimasukkan ke  multimedia pembelajaran yang beliau buat. Dahsyatnya kita bisa nanggap  wayang tanpa gamelan dan gending asli, cukup dengan software itu saja,  asal dimainkan banyak orang dengan masing-masing memilih satu jenis  gamelan.

Meskipun ada sedikit masalah di udara, alhamdulillah Seminar tentang Multimedia Pembelajaran di Udinus  berjalan lancar. Seminar ini cukup heboh karena jumlah total peserta  sekitar 1400 orang yang terbagi menjadi beberapa lokasi. 500-600  pendaftar pertama menempati kursi-kursi di Hall lantai 3 kampus Udinus,  sebagian peserta ada di gedung D, dan sebagian yang lain ada di kota  lain secara teleconference atau dengan media TV. Acara ini juga  disiarkan secara langsung oleh TVKU,  perusahaan TV lokal yang memiliki ijin siaran di wilayah Jawa Tengah.  Karena peserta 80% adalah guru SD, SMP dan SMA (dan yang sederajat) yang  datang karena ingin mendapatkan pengetahuan berhubungan dengan  pengembangan multimedia pembelajaran, saya membawakan topik materi agak  berbeda dari biasanya. Materi kali ini saya  pertajam ke langkah taktis pengembangan dan usaha memotivasi bapak ibu  guru yang hadir untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Success story  para bapak ibu guru yang memenangkan berbagai lomba level nasional dan  internasional juga saya sampaikan, termasuk personnya saya tampilkan.  Kebetulan acara seminar ini bersamaan dengan launching KOMED (Komunitas Multimedia Edukasi)  yang beranggotakan pemenang-pemenang berbagai lomba pengembangan  multimedia di tanah air. Jadi teman-teman pengembang multimedia  pembelajaran juga banyak yang ikut hadir.
Apa saja 7 langkah mudah mengembangkan multimedia pembelajaran itu? Penjelasan lengkap ada di bawah.
1. TENTUKAN JENIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Perhatikan  dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk  mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa  pulang siswa alias untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah. Jenis  multimedia pembelajaran menurut kegunannya ada dua:
-  Multimedia Presentasi Pembelajaran: Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Berupa pointer-pointer materi yang disajikan (explicit knowledge) dan bisa saja ditambahi dengan multimedia linear berupa film dan video untuk memperkuat pemahaman siswa. Dapat dikembangkan dengan software presentasi seperti: OpenOffice Impress, Microsoft PowerPoint, dsb.
 -  Multimedia Pembelajaran Mandiri: Software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri alias tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge (pengetahuan tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (know how, rule of thumb, pengalaman guru). Tentu karena menggantikan guru, harus ada fitur assesment untuk latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalahnya. Untuk level yang kompleks dapat menggunakan software semacam Macromedia Authorware atau Adobe Flash. Sayangnya saya masih belum bisa nemukan yang selevel dengan itu untuk opensource-nya. Kita juga bisa menggunakan software yang mudah seperti OpenOffice Impress atau Microsoft PowerPoint, asal kita mau jeli dan cerdas memanfaatkan berbagai efek animasi dan fitur yang ada di kedua software terebut.
 
2. TENTUKAN TEMA MATERI AJAR
Ambil  tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu  meningkatkan  pemahaman ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa  tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk  meningkatkan pemahaman siswa. Jangan terjebak ke memindahkan buku ke  media digital, karena ini malah mempersulit siswa. Ketika guru biologi  ingin menggambarkan sebuah jenis tumbuhan supaya bisa dipahami siswa,  dan itu sulit ternyata dilakukan (karena guru tidak bisa nggambar di  komputer, dsb), maka ya jangan dilakukan 
  Alangkah lebih baik apabila pohon tersebut dibawa saja langsung ke  depan kelas. Ini salah satu contoh bagaimana media pembelajaran itu  sebenarnya tidak harus dengan teknologi informasi. Dalam sertifikasi  guru, pemanfaatan media pembelajaran seperti pohon itu, atau kecoak  dikeringkan, dsb tetap mendapatkan poin penilaian yang signifikan.
3. SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD)
Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard  itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain  besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup. Cara  membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun spreadsheet yang kita kuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi pembuat storyboard professional. Untuk storyboard sederhana, saya berikan contoh karya pak ismudji  dari SMA Bontang, Kaltim (ismudji-storyboard.pdf).  Sedangkan yang agak kompleks, bisa dilihat dari yang dibuat teman-teman  di Brainmatics dan IlmuKomputer.Com untuk konten Rekayasa Perangkat  Lunak (rpl-storyboard.pdf)4. MULAI BUAT SEKARANG JUGA!
Jangan menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan Openoffice Impress atau Microsoft PowerPoint  anda. Mulai buat slide pertama, isikan bahan ajar yang ingin anda  multimedia-kan. Terus masukkan bahan ajar anda di slide slide  berikutnya, mulai mainkan image, link dengan gambar, suara dan video  yang bisa kita peroleh dengan gampang di Internet. Bisa juga  memanfaatkan situs howstuffworks.com untuk mencari ide 5. GUNAKAN TEKNIK ATM
Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).  Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk  membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara  default. Apabila masih kurang puas:-  Cari dari berbagai sumber
 -  Buat sendiri apabila mampu
 
Saya  berikan contoh bagaimana perdjoeangan mas Heru Suseno, guru fisika dari  SMA Negeri 2 Madiun. Mas Heru ini dengan seriusnya menerapkan ATM dengan mencoba meniru tampilan Microsoft Encarta di tahun 2006. Tahun 2007 beliau sudah berhasil memperbaiki dan memodifikasi karya untuk selevel Encarta, tapi sudah tidak nyontek Encarta lagi 
 
6. TETAPKAN TARGET
Jaga  keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk  mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual,  atau deadline jadwal mengajar di kelas. Target perlu supaya proses  belajar membuat multimedia pembelajaran terjaga dan bisa berjalan secara  kontinyu alias tidak putus di tengah jalan. Untuk lomba dan award,  paling tidak di Indonesia ada berbagai event nasional yang bisa kita  jadikan target. Balai pengembangan multimedia dan dinas pendidikan  nasional di berbagai daerah saat ini saya lihat mulai marak  menyelenggarakan berbagai event lomba di tingkat lokal.
-  Teacher Innovation (Microsoft): Sekitar Mei
 -  Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (Dikmenum): Sekitar Oktober
 -  eLearning Award (Pustekkom): Sekitar September
 -  Game Technology Competition (BPKLN): Setahun 3-4 kali di berbagai universitas
 -  dsb
 
7. INGAT TERUS TIGA RESEP DARI SUCCESS STORY
Dari pengalaman menjadi juri lomba di berbagai event,  saya lihat kesuksesan bapak ibu guru dalam mengembangkan multimedia  pembelajaran bukan dari kelengkapan infrastruktur atau berlimpahnya  budget yang dimiliki, tapi justru dari ketiga hal ini: 
- Berani mencoba dan mencoba lagi
 - Belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku)
 - Tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas
 
Saya  berikan contoh bagaimana pak Joko Triyono, guru kesenian dari SMA  prembun berdjoeang sampai akhirnya menikmati banyak penghargaan di  berbagai event. Saya ingat benar karya pertama beliau tahun 2005  berformat HTML, masih polos sekali, bahkan beberapa halaman error karena  salah link. Kemudian beliau belajar dari awal menggunakan software  presentasi dan akhirnya tahun 2007 beliau berhasil menghasilkan produk  yang sudah siap jual dalam tema Musik Gamelan. Beliau rekam  satu persatu puluhan peralatan gamelan jawa, dan dimasukkan ke  multimedia pembelajaran yang beliau buat. Dahsyatnya kita bisa nanggap  wayang tanpa gamelan dan gending asli, cukup dengan software itu saja,  asal dimainkan banyak orang dengan masing-masing memilih satu jenis  gamelan.Tentu tidak ada kata mudah dalam  berdjoeang, paling tidak 7 hal diatas adalah langkah yang cukup mudah  ditempuh dan pada kenyataannya banyak yang berhasil berkarya karena  tekun dan pantang menyerah mengulang-ulang 7 hal itu.
Bagi bapak dan ibu guru, selamat berdjoeang!

sumber : http://romisatriawahono.net/2008/03/03/7-langkah-mudah-membuat-multimedia-pembelajaran
   | Hotlinks:   DiggIt! Del.icio.us  
  blog ini sebagai wahana sharing dan diskusi seputar multimedia  pembelajaran, bagi yang memiliki tulisan silahkan kirim ke email : lookman1482@yahoo.co.id
   | Hotlinks:   DiggIt! Del.icio.us  
   Subscribe to:    Posts (Atom) 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar