Kamis, 24 November 2011

Belajar Fotografi

Shutter count adalah jumlah total berapa kali shutter dikamera anda telah di pencet sehingga menghasilkan satu foto. Buat apa kita tahu jumlah shutter count kamera? Oke, beberapa keuntungan kita mengetahui shutter count kamera:
  • Kita tahu kira-kira sampai kapan kamera kita masih bisa berkerja dengan baik. Shutter count kamera sama halnya dengan hitungan berapa kilometer mobil/motor anda telah berjalan. Kerja mekanis kamera, seperti barang lainya, juga memiliki keterbatasan usia, sehingga ketika mencapai shutter count tertentu besar kemungkinan mekanisme fungsi kerja kamera akan terganggu (rusak). Sekedar tambahan singkat: saat kita memencet shutter, maka beberapa fungsi mekanis akan bekerja didalam kamera sampai kamera bisa menghasilkan foto. Fungsi mekanis ini tersusun atas beberapa komponen yang cukup ringkih dan tentunya memiliki batasan umur pakai. Standar kamera SLR yang baik adalah mencapai shutter count sekitar 100 ribu, jadi secara total kita bisa menghasilkan 100 ribu foto dari satu kamera SLR tanpa kamera mengalami kerusakan mekanis. Bahkan beberapa kamera kelas atas meng-klaim bisa mencapai 200 ribu shutter count tanpa mengalami kerusakan mekanis.
  • Sangat berguna saat kita akan membeli kamera bekas. Membeli kamera bekas adalah tindakan beresiko (makanya harganya jauh lebih murah), namun dengan mengetahui jumlah shutter count kamera yang akan kita beli, paling tidak kita telah meminimalkan resiko karena kita jadi memiliki ancang-ancang sampai kapankah kamera bekas yang akan dibeli bisa bekerja dengan baik, sehingga saat kita bisa menawar harga kamera bekas dengan lebih teliti.
klik untuk membaca kelanjutannya …
Dalam beberapa kesempatan, kita sudah menyempatkan pergi ke tempat yang jauh yang sudah lama kita incar untuk difoto karena view-nya bagus, namun begitu kita di tempat dan menunggu lumayan lama, langit tidak juga mau bersahabat. Entah itu karena mendung atau karena bentuk awan yang jelek.
Jangan khawatir, asalkan kita punya cukup koleksi foto dengan langit yang bagus, kita bisa mengganti foto dengan foreground bagus namun langitnya jelek tadi dengan langit yang lebih bagus dari foto yang lain. Lihat foto dibawah ini:
gantilangit
Misalnya saya ingin mengganti langit dalam foto diatas dengan langit dari foto dibawah, bagaimana cara saya melakukannya? Ikuti langkah berikut ini:
klik untuk membaca kelanjutannya …
Hannover Rathaus oleh Spreng Ben
Berikut beberapa tips singkat memotret High Dynamics Range (HDR), supaya foto HDR yang anda hasilkan nantinya bisa lebih bagus:
©BELAJARFOTOGRAFI.COM - 2010, mohon tidak mengkopi-paste.
about

Tidak ada komentar:

Posting Komentar